Husnudzon Salah Satu Kunci Kebahagiaan

Husnudzhon, atau yang lebih akrab kita ketahui sebagai Positive Thinking. Merupakan salah satu sifat terpuji yang Allah wajibkan kepada setiap manusia. Mengapa? Mungkin saya tidak menjelaskannya secara langsung, tapi saya akan memberitahukan beberapa manfaat dari husnudzon.

Manfaat husnudzon:

1. >. Menciptakan energi positif untuk menghadapi setiap masalah.

2. >.Menciptakan kedamaian (No war no CRY).

3. >.Membuat persahabatan akan lebih akur, dan, awet (kata sahabat saya, “persahabatan itu gak ada yang namanya putus, mana ada yang namanya mantan sahabat?”).

4. >.Membuat hidup terasa lebih indah (asiikk deh !)

5. >.Dan masih banyak lagi deh manfaatnya bingung nulisinnya satu-satu (ngelesnya bisa aja deh hehe).

Nah sekarang dah taukan mengapa Allah mewajibkan manusia untuk senantiasa berhusnudzhon? Intinya sih lihat di poin manfaat tadi yang no. 2, dan 4. Karena Allah membenci orang yang suka suudzon (lawannya husnudzon) maka kalau suudzon dosa, otomatis husnudzhon mendapatkan nilai plus dari Allah (insyaAllah). Otomatis dengan suudzon akan menciptakan pertengkaran baik antara individu, dengan individu, individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok (loh? Kayak belajar sosiologi?). dan Allah mencintai hamba-Nya yang cinta damai.

Setelah mengetahui arti husnudzon, tiada manfaatnya kalau tidak memahaminya. Maka saya akan mengajak anda untuk memahaminya lewat sebuah contoh. Bagaimana sih caranya untuk bisa terus berpikir positif?

Ketika mendapat sebuah perlakuan aneh dari seseorang, cobalah tetap berfikir positif.

Contoh: suatu hari Joni sedang curhat kepada sahabatnya Dona melalui SMS, suasana hati Joni pada saat itu sedang sangat teramat amat sedih (yaampun, kasihan Joni). Di puncak kesedihan Joni, tiba-tiba Dona tidak membalas SMSnya, Joni menanti balasannya dengan sabar, tapi setelah 20menit Joni mulai kesal, dan berkata, “kemana sih Dona? Katanya sahabat? Tapi kok gak mau bantu gue yang lagi sedih sih?” lalu Joni pun mengirimkan SMS itu ke Dona. Setelah sekian lama menanti, tak kunjung ada jawaban dari Dona. Ditelpon? Tidak diangkat. Suasana hati Joni makin tidak terkendali, dia kesal sama Dona. Lalu keesokan harinya di sekolah. Ketika Dona menyapa Joni, Joni cuek abis kepada Dona. dona menjadi sedih dan bingung. Ketika sampai kelas Kiya teman dekatnya Dona mengatakan, “Joni, nanti pulang sekolah jenguk ayahnya Dona yuk yang lagi dirawat dirumah sakit. Sekalian kita bawa lah sedikit uang untuk membantu keluarganya. Kasihan Dona, kemarin dia terpaksa menjual HP kesayangannya itu.” Joni terdiam, sedih dan langsung berlari menghampiri Dona lalu meminta maaf.

Dari contoh diatas dapat diambil kesimpulan bahwa, setiap apa yang kita pikirkan belum tentu benar. Dalam situasi apapun tetaplah berpikir positif akan setiap hal/permasalahan yang sedang kita hadapi. Karena kita bukan Allah yang mengetahui apa yang sedang seseorang rasakan atau dia dalam kondisi seperti apa sehingga bertindak seperti itu.

Husnudzon memang bukan hal yang mudah, tapi kalau kita latih sejak sekarang, insyaAllah kita bisa. Semoga tulisan saya ini bisa membantu anda untuk terus berpikir positif dalam menghadapi dunia ini yang penuh dengan cobaan. InsyaAllah Husnudzon akan membuat hidup anda lebih indah, Karena anda tidak lagi hidup dikelilingi oleh prasangka buruk yang belum tentu benar, bahkan mungkin hanya akan menghancurkan hubungan anda terhadap orang lain.

*SEMOGA BERMANFAAT ASSALLAMUALAIKUM :)*

5 komentar:

Ilyas Asad Hifzhuddiin mengatakan...

Happy reading..
:)

Anonim mengatakan...

kereennn dah...
bikin sendiri???

Anonim mengatakan...

wizz,, mantapp..!!

bismillah,, mudah2an abis baca blog inii,, diriku bisa menjadi seorang yang husnudzon..
amin..:)

makasii ya ka ilyas..
=D

ilyas asad mengatakan...

Oke sama-sama..
:D

Liqo Al-Fallah mengatakan...

mantap ALLAHU AKBAR

Posting Komentar