Tips Agar Persahabatanmu Awet

 Kali ini saya mencoba memberikan tips agar persahabatanmu awet.
                Sahabat? Bukankah itu salah satu sosok yang kita butuhkan untuk menjalani kehidupan kita. Namun, menurut kalian, apa sih sahabat itu? Menurut saya, sahabat adalah pewarna kehidupan kita, yang bisa memberikan kita semangat dikala kita jatuh, yang selalu ada dalam suka maupun duka, yang bisa menjadi sosok keluarga yang kedua dalam kehidupan, senantiasa mengingatkan dikala khilaf, tidak menusuk dari belakang. Dan masih banyak lagi deh pokoknya. Tiap orang punya pengertian yang berbeda terhadap arti sahabat, tapi intinya sih sama.
                Dalam Islam, Allah juga menganjurkan kita untuk mencari teman sebanyak-banyaknya. Kalau dalam kamus kehidupan saya, hanya ada 3 kalangan yang saya cintai, yaitu, Allah, Rasulullah, Dan keluarga saya. Karena bagi saya, teman, dan sahabat adalah anggota keluarga saya yang harus saya jaga, dan sayangi. Lalu bagaimana sih cara menjaga persahabatan kita awet, jikala waktu, dan tempat menjadi sebuah jurang? Saya akan mencoba memberikan tipsnya.
                Dalam persahabatan itu mustahil jika tidak ada masalah. Tetapi yang paling penting itu, bagaimana kita bisa mengatasi masalah itu, dan menjaga keakraban antara kita setelah selesai masalahnya.  Tipsnya:
1.       Coba dahulu untuk memahami semua sifat sahabatmu itu, plus minus sahabatmu itu harus dimaklumi, karena manusia diciptakan dengan kelebihan, dan kekurangan. Bayangkan jika Allah menciptakan semua manusia tanpa kekurangan? Apa yang akan terjadi dalam hidup ini? Menjadi tidak indahkan? Oleh sebab itu kita diciptakan dengan kekurangan, bukan untuk saling mencaci atau menjatuhkan, tapi untuk saling mengingatkan.
2.       Kalau ada sifat dari sahabat kamu yang nyebelin banget, dan menurut kamu itu harus dia rubah, omongin aja secara terbuka sama dia, tapi dengan kalimat yang halus, jangan sampai melukai sahabatmu itu.
3.       Bersifatlah terbuka. Kemukakan segala apa yang kamu inginkan terhadap sahabatmu itu, karena gak setiap manusia bisa mengerti akan keingininan orang lain.
4.       Saling mengerti, saling percaya, dan positive thinking. Kalau mungkin tiba-tiba sahabatmu berubah, mungkin menjadi seperti tidak peduli terhadap kamu, walaupun kamu lagi sangat membutuhkan dia. Coba tanya dahulu baik-baik masalahnya, mungkin saja masalah yang dia hadapi lebih berat dari yang kamu alami.
5.       Jangan egois. Jangan merasa menjadi yang paling benar, ingat yang Maha Benar itu hanya Allah SWT. Kalau sudah terlihat salah, ya mengaku salah, jangan terus beranggapan benar. Terimalah hal apa yang benar, jangan mempertahankan hal yang salah.
6.       Jangan membicarakan kekurangan sahabatmu kepada orang lain, karena itu sama saja menusuk sahabat kamu dari belakang.
Mungkin sekian tips dari saya untuk membuat persahabatan kamu menjadi awet. Ingat, persahabatan itu sangat indah. Hargai sahabatmu, jaga, dan lindungi dia.
*Sekian dari saya untuk entri ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Wassalamuaikum J*

1 komentar:

Ilyas Asad Hifzhuddiin mengatakan...

komentarnya dong.
hehe

Posting Komentar